Tips Diet untuk Ibu Rumah Tangga yang Mudah Dilakukan

Suatu hal yang kekurangan maupun kelebihan tentu saja tidak baik. Sama halnya di dunia kesehatan terlebih pada masalah berat badan. Terlalu kurus kurang baik begitupun juga kegemukan.

Permasalah berat badan yang akan diulas dalam artikel ini adalah ibu rumah tangga yang ingin diet karena tubuhnya terlanjur melar.

Tips Diet Sehat untuk Ibu Rumah Tangga

Sudah menjadi hukum alam kalau setelah menikah, terlebih sudah memiliki buah hati, wanita cenderung lupa atau tidak sempat mengurus dan merawat dirinya.  Nah, tanpa disadari tubuh pun menggemuk. Tak hanya tidak baik bagi kesehatan, kegemukan juga menurunkan tingkat percaya diri, baik di depan suami maupun orang lain. Yakan bunda?

Untuk bunda yang badannya terlanjur melebar dan ingin kembali melangsingkannya hingga ideal, berikut tips diet untuk ibu rumah tangga yang mudah dilakukan.

  1. Tentukan target

Dengan adanya target biasanya seseorang akan lebih termotivasi untuk mencapainya. Nah, untuk bunda yang sudah memulai atau yang sedang akan menjalani program diet, sebaiknya tentukan target penurunan berat badan yang diinginkan. Mulai dari target kecil, contoh dua minggu pertama minimal turun 0,5 kilogram, dan seterusnya hingga mencapai target BB ideal tercapai. Target lainnya, jika biasanya Anda suka ngemil gorengan atau makanan cepat saji, mulai sekarang niatkanlah jua untuk berhenti atau mengurangi konsumsi camilan tersebut.

  1. Renacanakan makan Anda dan kontrol diri

Jika Anda tahu akan makan malam yang besar malam ini, disarankan pada siang harinya ataur makan sesuai kebutuhan. Kurangi asupan kalori saat makan siang dan sarapan Anda. Jangan lupa juga untuk mengontrol diri. Meski sangat nyaman, jangan pernah tergoda untuk berbaring apalagi tidur setelah makan. kebiasaan ini membuat lemak dan kolesterol jahat menumpuk.

  1. Hindari makan karena bosan

Sendirian di rumah terkadang ada bosan-bosannya juga, walau demikian jangan gunakan waktu tersebut untuk ngemil banyak makanan ringan. Jika bunda sangat lapar, pilih buah atau sayuran tanpa lemak untuk dikonsumsi. Seperti aneka buah berry, yogurt, jambu biji, pir, pisang, twh hijau, brokoli, bayam, dll.

  1. Aktif bergerak dan olahraga rutin

Pekerjaan rumah tangga seperti mengepel, mencuci, menyapu, menguras bak mandi, membersihkan halaman, menata perabotan rumah memang terbukti banyak membakar kalori. Tapi semua itu akan lebih efektif lagi kalau ditambah olahraga ringan, misalnya senam, jalan santai, jogging, skipping, sit-up, push up, bersepeda, berenang, dan sebagainya. Jenis-jenis olahraga tersebut tidak terlalu membutuhkan tempat khusus, jadi tidak ada alasan untuk tidak mencobanya ya bunda.

Wajib diketahui, kombinasi diet sehat dan olahrga adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Keduanya harus seimbang, jika Anda teratur olahraga selama 30-60 menit minimal 3 kali seminggu. Yakin deh, ada perubahan pada timbangan berat badan Anda.

  1. Konsumsi banyak air putih

Bisa dibilang konsumsi banyak minum air putih adalah tips diet untuk ibu rumah tangga yang paling mudah dilakukan. Minum air putih yang dianjurkan adalah minimal 8 gelas perhari. Nah, dengan mencukupi kebutuhan air dalam tubuh, manfaatnya tak hanya menghindarkan dari dehidrasi, namun juga efektif untuk melarutkan lemak yang dikeluarkan lewat air seni dan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama meskipun tidak makan.

  1. Ganti karbohidrat dengan karbohidrat kompleks

Salah satu sumebr energi untuk melakukan aktfitas adalah asupan karbohidrat, dan biasanya karbohidrat tersebut didapat dari nasi dan lainnya. Perlu diketahui, makanan tersebut sulit diserap tubuh sehingga menumpuk lemak. Tapi jika Anda menghindari karbohidrat 100% maka tubuh Anda akan terasa lemas dan tidak bertenaga, sebagai solusi gantilah karbohidrat biasa dengan karbohidrat kompleks seperti beras merah, gandum, sereal dan kacang-kacangan. Daftar makanan tersebut lebih mudah diserap menjadi energi yang dibutuhkan tubuh.

  1. Memasak untuk diri sendiri

Asupan makanan adalah hal utama untuk kelangsungan hidup kita. Dalam menjaga berat badan mengkonsumsi makan sehat dengan pengolahan yang benar juga akan mempengaruhi. Dengan memasak sendiri Anda bisa mengatur menu diet untuk keluarga agar bisa memenuhi gizi harian.

  1. Jangan lewatkan sarapan

Saat sedang diet, jangan pernah beranggapan kalau melewatkan sarapan bisa membantu proses penurunan berat badan. Hal ini justru hanya membuat tubuh Anda kehilangan banyak nutrisi. Jika Anda tetap pada pendirian untuk tidak sarapan, siap-siap saja otot Anda mengalami kekurangan energi. Sehingga proses metabolisme di dalam tubuh terganggu, kesulitan membakar lemak sehingga berat badan pun tak kunjung turun.

  1. Konsumsi jus semangka, stroberi dan mentimun

Jus gabungan antara buah semangka, stroberi, dan mentimun sangat baik untuk dikonsumsi karena mampu menurunkan berat badan. Kandungan air yang tinggi dalam ketiga jenis buah tersebut bagus menjaga tubuh agar terhidrasi dengan baik dan mampu mendetoksifikasi tubuh.

Ingat diet itu membutuhkan waktu, jadi jangan sampai ceroboh hanya karena ingin cepat langsing lalu melakukan diet ekstrim, yang mudah berujung gagal dan sakit karena begitu ketatnya diet. Sejatinya, diet yang baik itu adalah diet yang tidak merugikan diri sendiri

Itulah tips diet untuk ibu rumah tangga yang mudah dilakukan. Diet yang sukses membutuhkan waktu, kesabaran, dan kedipsilinan. Tetap berpikiran positif bahwa diet Anda pasti berhasil dan berbuah manis, hal ini merupakan obat penghilang stress paling akurat bagi Anda yang tengah berjuang menjalani proses diet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *